Pentingnya Melindungi Kesehatan Mulut dan Gigi Anak di Sekolah

Selasa, 23 Juli 2019 - 17:30 WIB
Pentingnya Melindungi Kesehatan Mulut dan Gigi Anak di Sekolah
Pentingnya Melindungi Kesehatan Mulut dan Gigi Anak di Sekolah
A A A
JAKARTA - Momen kembali ke sekolah menjadi sesuatu yang dinantikan. Namun, juga dicemaskan oleh anak maupun orangtua. Dengan begitu banyaknya hal baru yang harus dihadapi anak, ibu seringkali merasa waswas karena dia memiliki kontrol yang relatif lebih sedikit terhadap kondisi anak saat mereka berada di sekolah.

Menghadapi hal ini, ibu berperan penting dalam melindungi dan mendampingi anak agar mereka dapat beradaptasi di tengah lingkungan dan orang-orang baru dengan nyaman dan lebih percaya diri. Salah satunya adalah dengan mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi anak.

"Saat liburan, terkadang orangtua lebih permisif dalam mengontrol berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi anak. Semangat untuk mengeksplorasi makanan dan minuman ini bisa berlanjut saat anak mulai bersekolah, dimana mereka juga terekspos dengan makanan dan minuman baru yang ingin mereka coba. Penting bagi ibu untuk melakukan pencegahan dengan memastikam perlindungan yang lebih menyeluruh untuk kesehatan gigi dan mulut anak mereka," kata pakar kesehatan gigi dan mulut, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc saat acara Pepsodent Action 123: Perlindungan Menyeluruh untuk Senyum Sejak Hari Pertama di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

"Banyak ibu yang belum menyadari bahwa kebutuhan anak untuk memiliki gigi dan mulut yang sehat semakin kompleks seiring dengan pertumbuhan usianya. Tidak hanya perlu perlindungan dari masalah gigi berlubang akibat ragam makanan yang berpotensi merusak gigi, anak juga membutuhkan perlindungan dari noda yang mengganggu warna alami gigi, serta nafas yang lebih segar agar mereka dapat lebih percaya diri dalam memberikan senyum yang terbaik kepada orang-orang di sekitarnya," tambahnya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap kesehatan gigi dan mulut anak di Indonesia, Pepsodent melalui Pepsodent Action 123 Complete ingin mengajak orang tua untuk memastikan tersedianya perlindungan menyeluruh bagi anak di masa transisi kembali ke sekolah, tidak hanya dalam aspek psikologis, tetapi juga aspek kesehatan gigi dan mulut. Dukungan ini diberikan melalui rangkaian kegiatan bertema Senyum Sejak Hari Pertama dengan tujuan menginspirasi pentingnya melindungi kesehatan gigi dan mulut anak agar mereka dapat mengawali hari-hari di sekolah dengan senyuman penuh percaya diri, siap menghadapi berbagai hal baru dan menunjukkan prestasi.

"Kami melihat bahwa setelah menghabiskan banyak waktu bersama keluarga saat liburan panjang, momen kembali ke sekolah ternyata menjadi sesuatu yang dinantikan namun juga dicemaskan oleh anak maupun orangtua. Bagi anak, selain rasa enggan untuk berpisah dengan sosok yang sangat dekat dengan dirinya, khususnya orangtua, kecemasan ini biasanya berhubungan dengan kesiapan mental untuk beradaptasi dengan hal-hal baru di sekolah. Ternyata kecemasan ini juga dapat dialami oleh orangtua," ujar Senior Brand Manager Pepsodent Distya Tarworo.

Kegiatan ini akan menghadirkan berbagai program seru seperti seminar untuk orangtua yang menghadirkan psikolog dan dokter gigi terpercaya untuk mengedukasi mengenai pentingnya perlindungan menyeluruh bagi anak di hari-hari pertama sekolah baik dari sisi psikologis maupun kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan lebih dari 500 orangtua yang merupakan anggota komite dari puluhan Sekolah Dasar di Jakarta.

"Kami juga akan melakukan pemeriksaan gigi gratis untuk anak, sikat gigi bersama, serta banyak keseruan lainnya. Kami harap seluruh rangkaian kegiatan ini dapat mendukung para ibu dan sekolah dalam melindungi dan mempersiapkan anak menjalani hari-harinya di sekolah dengan senyuman penuh percaya diri," tutur Distya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5873 seconds (0.1#10.140)